Pengalaman Melahirkan di Jepang

babyPengalaman hidup selama dua tahun membawa berkah tersendiri bagi keluarga kami, selain mendapat ijasah S2 kami dikarunia seorang puteri kelahiran Jepang. Di kesempatan ini ijinkan saya menshare pengalaman selama proses kehamilan sampai kembali ke tanah air.

Melahirkan

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah mencari rumah sakit. Jika ingin biaya murah, harus langsung mendaftar ke rumah sakit milik local goverment dengan maksimal usia kehamilan 6 minggu (jika lebih akan ditolak dan harus ke RS swasta). Yokohama memiliki 2 RSUD yaitu Shimin Byooin (dekat kampus YNU) dan Yokohama City University Hospital (dekat bandobashi eki)

Setelah mendapat Rumah Sakit, selanjutnya ke ward office untuk mendapatkan kupon diskon (boshi techo) yang bisa dipakai setiap control ke rumah sakit. Potongan yang diberikan lumayan besar, senilai ¥3,000 hingga ¥12,000 (tergantung tindakan medis yang dilakukan).

Pemeriksaan di Rumah Sakit Jepang mirip dengan RS di Indonesia pada umumnya, bedanya mereka terdiri dati tim dokter sehingga besar kemungkinan tiap cek akan ditangani oleh dokter yang berbeda serta dokter di Jepang tidak akan memberikan obat/vitamin jika kehamilan tidak bermasalah. Ibu hamil wajib menjaga konsumsi gizi makanan (tetapi selama kehamilan berat badan tidak boleh  naik lebih dari 10Kg).

Memasuki triwulan ketiga, bagi pasutri yg akan memiliki anak pertama wajib mengikuti 2 kelas khusus tentang perawatan bayi. Sedangkan yang akan memiliki anak kedua dan seterusnya hanya diwajibkan sekali mengikuti kelas.

Memasuki saat kelahiran, kita tidak boleh langsung datang ke RS walaupun terasa bayi akan segera lahir. Pertama- tama yang harus dilakukan adalah menelpon RS dengan menyebutkan identitas serta status waktu lamanya kontraksi, jika jeda 10-15 menit sekali baru kita diijinkan masuk ke RS. Selanjutnya selamat menanti si buah hati.

Registrasi Kependudukan

Untuk bisa mendapatkan pengakuan kependudukan setelah bayi lahir, orang tua wajib mendaftarkan ke ward office dengan membawa surat lahir dari RS maksimal 2 minggu setelah melahirkan untuk mendapatkan stempel di buku kelahiran (ini akan diperlakukan sebagai akta kelahiran baik di jepang ataupun Indonesia). sebaiknya saat di RS kita minta 1 copy surat kelahiran untuk pengurusan kewarganegaraan di KBRI.

Setelah proses ward office selesai, maka harus segera mengurus surat lahir dan paspor di KBRI. Syarat yang harus dilengkapi yaitu surat lahir dari RS, paspor ayah&ibu serta mengisi form khusus. Surat lahir jgn hilang karena nanti akan digunakan untuk memperoleh akta lahir di Indonesia, sementara paspor akan digunakan untuk mengurus visa tinggal di Jepang.

Setelah mendapat paspor, maksimal 2 bulan setelah kelahiran wajib mengurus visa tinggal (berupa resident card) di kantor imigrasi. Atau status anak kita akan menjadi imigran gelap. Baik proses di KBRI maupun imigrasi sangat mudah, cepat dan biaya sesuai dengan peraturan yang ada. Kewajiban pemohon hanya melengkapi syarat permohonan.

 Kembali ke Tanah Air

Setelah kembali ke tanah air, wajib langsung mengurus akta kelahiran anak di dinas kependudukan daerah (bukan di walikota atau kantor kecamatan). Di jakarta, biaya resmi pengurusan surat keterangan lahir (setingkat akta lahir) sekitar Rp 50.000, pengurusan di dinas kependudukan dan catatan sipil di Jalan S Parman (sekitar 200m setelah kampus trisakti). Nantinya surat keterangan lahir dan buku kelahiran yang di cap oleh ward office akan dipergunakan sebagai akta kelahiran.

 Fiuuhh, demikian secara garis besar perjalanan panjang si buah hati untuk mulai mengarungi kehidupan didunia. (Jika ada yang kurang mohon kritik dan sarannya, mohon maaf istilah Jepang tidak saya pakai karena saya juga tidak begitu paham.)

Advertisements
Categories: Diary | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: