Wajib Imunisasi SD di DKI : Peraturan Pemda yang Mengalahkan Wajib Belajar 9 Thn Smangat UUD & UU

Penyelenggaran pendidikan untuk setiap warga negara merupakan kewajiban dari pemerintah seperti yang telah di amanatkan dalam UUD 1945 Bab XIII Pasal 31 yang berbunyi :
BAB XIII
Pendidikan Dan Kebudayaan
Pasal 31
1) Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan.
2) Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya.
3) Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan Undang-Undang.
4) Negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20% dari APBN serta dan APBD untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional.
5) Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia.

Lama Pendidikan Wajib secara lebih lanjut diatur dalam UU No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dimana Pasal 6 (1) menyebutkan “Setiap Warga Negara Yang Berumur 7 Sampai 15 Tahun Wajib Mengikuti Pendidikan Dasar” . Undang–Undang tersebut tidak memberikan persyaratan lain untuk mengikuti wajib belajar kecuali persyaratan umur dan warga negara Indonesia.
Namun beberapa daerah terutama di Daerah Ibukota Jakarta mulai tahun 2016 lalu ditambahkan syarat khusus diluar yang diatur oleh UU No 20 tahun 2003 , seperti yang telah tercantum dalam Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Nomor 158 Tahun 2016 Tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2016/2017 dalam lampiran XI peraturan tersebut disyaratkan untuk masuk Sekolah Dasar wajib memiliki Surat Keterangan Imunisasi Dasar.

Sebagai konsekuensinya, jika pendaftar tidak memiliki terpaksa harus bersekolah diluar DKI Jakarta.

Vaksinasi dasar yang dimaksud seperti yang tertera dalam Peraturan Kementerian Kesehatan No. 42/2013 tentang imunisasi, yaitu meliputi: Hepatitis B; Bacillus Calmette-Guerin (BCG); Diptheria Pertusis Tetanus-Hepatitis B (DPT-HB) atau Diphteria Pertusis Tetanus-Hepatitis B-Hemophilus Influenza (DPT-HB-Hib); polio; dan campak.
Walaupun kelima vaksinasi mendapatkan subsidi dari pemprov DKI Jakarta dan orangtua siswa dapat mendapatkan layanan itu di puskesmas secara gratis, namun masih terbersit sedikit kekhawatiran tentang masalah vaksinasi ini karena merebaknya vaksin palsu, beberapa kasus mal praktek imunisasi yang tidak terselesaikan dan tentang pro dan kontra pemberian vaksinasi anak pada awal usianya .

Beberapa negara maju seperti di Jepang, vaksinasi awal diberikan kepada bayi mulai usia 3 bulan dan itu hanya berupa vaksinasi dasar, pemerintah Jepang tidak merekomendasikan vaksinasi lain seperti rotavirus dan pnemokokus.
Sebaliknya, pemerintah negara maju lebih berfokus pada penanganan ibu selama hamil dan menyusui sehingga dapat melahirkan bayi yang sehat.

Sebagai contoh ialah kontrol makanan yang ketat semasa hamil, berat badan tidak boleh melebihi 10kg sejak mulai mengandung sampai melahirkan, kewajiban menyusui bayi Dan memberikan cuti yang panjang.
Kondisi berbeda yang ada di Indonesia, dimana ibu hamil bebas mengkonsumsi segala macam obat dan vitamin yang diresepkan, cuti hamil yang cuma 2 bulan setelah melahirkan dan prosesnya kelahiran yang lebih banyak dengan operasi Cesar ,  sangat berpegang pada kesehatan anak yang dilahirkan.
Ada baiknya Kita belajàr kepada kakek dan nenek  di jaman dulu, dimana wanita setelah melahirkan akan memiliki tubuh kembali sempurna, anak bayi bisa memakan makanan selain asi tanpa menunggu waktu 6 bulan , terbukti anak sehat , tidak sulit makan, serta memiliki kecerdasan tinggi

Advertisements
Categories: Diary | Tags: , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: